Tuesday, December 18, 2012

12 Ramalan Kiamat Paling Populer ... Yang Semuanya Meleset !!!

Tanggal 21 Desember 2012 diyakini banyak orang sebagai Akhir Dunia, atau Kiamat. Keyakinan ini didasarkan pada ramalan dan kalender Suku Maya yang sudah mulai ramai dibicarakan banyak orang beberapa tahun yang lalu. Bahkan menjelang "akhir jaman" tersebut, banyak orang dari berbagai belahan dunia telah mulai bersiap-siap dengan memborong makanan, membeli lilin (karena diyakini pada tanggal tersebut, dunia akan menjadi gelap sebelum akhirnya musnah), serta menjual harta mereka.

Seperti yang anda ketahui, ramalan akhir jaman bukanlah pertama kali beredar. Sudah ratusan ramalan yang dibuat orang namun tidak pernah ada satu pun yang terbukti benar. Bukan berarti menyepelekan ramalan tersebut, namun ada baiknya kita bersikap bijaksana dalam menerima informasi sehubungan degnan ramalan tersebut, agar tidak panik dan bertindak salah.

Berikut ini adalah 12 ramalan "Hari Kiamat" yang pernah dibuat orang dan sangat populer hingga hari ini :

1. Y2K - Tahun 2000
Ramalan paling populer sepanjang masa adalah Y2K, yaitu tahun 2000. Di masa itu, menjelang tahun 2000, orang kuatir karena kemampuan komputer pada masa itu hanya sampai 3 digit, sehingga dikuatirkan perangkat komputer akan mengalami kekacauan karena tidak dapat mengindetifikasi tahun 1900 dan 2000. Hal ini dapat memicu komputer melakukan kekeliruan dalam membaca data sehingga dapat menyebabkan nuklir tiba-tiba meledak dengan sendirinya, yang berarti kiamat. Namun kekuatiran itu tidak terjadi karena tahun 2000 lewat begitu saja tanpa masalah.

2. 5 MEI 2000 (5/5/2000)
Richard Noone pernah menuliskan buku "5/5/2000 Ice : The Ultimate Disaster" yang meramalkan akan terjadinya bencana kematian global akibat es. Namun hal itu juga tidak terbukti. Yang malah terjadi, es semakin mencair, dan tampaknya dunia mungkin akan mengalami banjir global.

3. NOSTRADAMUS 1999
Banyak orang mengakui kalau Nostradamus adalah peramal yang luar biasa karena hampir semua ramalannya tepat. Salah satu ramalan Nostradamus yang pernah menguatirkan orang adalah ramalannya yang berbunyi : "Tahunnya 1999, tujuh bulan/ Dari angkasa akan muncul raja agung dari teror." Ramalan tersebut ditafsirkan orang sebagai ramalan akan terjadinya kiamat di bulan Juli - Agustus 1999. Namun, seperti yang anda ketahui, ramalan tersebut ternyata meleset.

4. GOD'S FINAL WITNESS 2008
Ronald Weinland, pendeta Kementerian Gereja Tuhan yang pernah mengklaim dirinya sebagai Nabi akhir zaman Utusan Tuhan, dalam bukunya yang berjudul "2008: God's Final Witness" menyebutkan bahwa penghakiman Tuhan sudah mulai terjadi pada tahun 2006 di mana akan ada ratusan orang yang meninggal dunia dengan tiba-tiba, tanpa alasan. Puncaknya pada tahun 2008, di mana manusia akan "habis". Faktanya, Anda tahu sendiri, bukan? ^_^

5. 1033
Salah satu ramalan yang cukup fenomenal yang dibuat oleh banyak pengikut Yesus Kristus, di mana pada masa itu, para pengikut Yesus Kristus pernah meramalkan kiamat akan terjadi di tahun 1033, tepat 1000 tahun sejak Yesus Kristus naik ke Surga. Kedatangan kedua-Nya (seperti yang ditulis dalam Kitab Suci) diprediksi akan terjadi 100 tahun sejak kenaikan-Nya ke Surga. Well... menurut Kitab Suci, Yesus Kristus memang akan datang untuk kedua kalinya. Kapan tepatnya? Kitab Suci tidak pernah menuliskannya. Tapi yang pasti, itu adalah janji yang akan ditepati-Nya.

6. MELCHIOR HOFFMAN, 1533
Melchoir Hoffman adalah nabi dari Gereja Anababtist yang pernah meramalkan jika kiamat akan terjadi pada tahun 1533 (tepat 1500 tahun setelah Yesus naik ke Surga). Hoffman mengklaim bahwa hanya 144,000 orang saja yang diselamatkan dan diangkat ke Surga. Sedangkan sisanya akan tertinggal di dunia dan habis oleh api penyucian. Faktanya.... kejadian seram ini tidak pernah terjadi...!!!!

7. NEW ENGLAND'S DARK DAY (19 Mei 1780)
Fenomena alam yang pernah mencekam dan menjadi legenda adalah fenomena kegelapan yang terjadi pada tanggal 19 Mei 1780 di New England dan sebagian Canada, yang dikenal dengan sebutan New England's Dark Day. Pada saat itu, langit yang tadinya cerah, tiba-tiba berubah gelap. Matahari yang tadinya bersinar cerah keemasan, mendadak menjadi merah darah, lalu akhirnya tenggelam tertutup oleh kegelapan. Kejadian yang sangat tiba-tiba itu sempat diyakini oleh masyarakat New England sebagai pertanda kiamat. Kegelapan menyelimuti kota tersebut sejak pukul 10.30 siang tanggal 19 Mei 1780 hingga pukul 5.30 dini hari keesokan harinya. Di kemudian hari, para ahli menemukan bahwa penyebab kegelapan total yang terjadi di New England tersebut adalah akibat kebakaran hutan yang cukup parah dan terjadi di Algonquin Provincial Park, Ontario, Canada di masa itu. Asap kebakaran hutan yang pekat menutupi langit New England sehingga menyebabkan daerah sekitar itu menjadi gelap gulita.

8. HALLEY'S COMET DESTRUCTION (20 April 1910) - CAMILLE FLAMMARION
Camille Flammarion adalah seorang astronom yang melihat kedatangan komet Halley tanggal 20 April 1910 sebagai ancaman bagi kehidupan manusia di bumi. Flammarion menyebutkan bahwa ekor Halley - yang mengandung gas beracun Cyanogen - akan mengenai atmosfir bumi dan membinasakan semua manusia di muka bumi. Informasi ini menimbulkan kepanikan masyarakat dan membuat kekacauan publik. Hal ini dimanfaatkan sebagian orang untuk memasarkan produk "aneh" yang disebut-sebut dapat melindungi pengguna dari kematian akibat gas Cyanogen yang ditebar Komet Halley, seperti "Pil Anti Komet" dan "Payung Anti Komet".

9. HAROLD CAMPING
Salah satu pembicara kontroversial yang sangat gencar meramalkan kiamat adalah Harold Camping. Penyiar Radio Kristiani ini pernah menyebutkan bahwa kiamat akan terjadi pada tanggal 21 Oktober 2011, di mana diawali tanggal 21 Mei 2011, di mana Yesus Kristus akan datang untuk kedua kalinya dan akan mengangkat orang-orang percaya untuk naik ke Surga. Setelah itu, selama lima bulan, dunia akan dihujani dengan api dan penyakit sehingga orang-orang yang tertinggal di dunia akan musnah. Hal itu akan terjadi hingga tanggal 21 Oktober 2011 yang merupakan akhir dari penghancuran dunia. Ketika tanggal 21 Mei 2011 sudah lewat dan tidak terjadi apa-apa, Camping meralat tanggal kiamat menjadi 23 Mei 2011, kemudian meralatnya kembali menjadi tanggal 21 Oktober 2011. Walau terbukti semua ramalan Camping tidak terjadi, dan dirinya dicerca sebagai penipu, namun berdasarkan penelusuran majalah Kristiani Religion Dispatches (Mei 2012), ada banyak pengikut Camping yang masih setia dan percaya jika kiamat sudah terjadi. Bahkan tidak sedikit yang mendirikan Kelompok Akultis Hari Kiamat sebagai dukungan mereka atas ramalan Camping.

10. THE PROPHET OF HEN OF LEEDS 
Salah satu hoax hari kiamat paling menggemparkan sekaligus menggelikan terjadi di England pada tahun 1806. Di Leeds, England, seorang petani menemukan telur-telur ayam betinanya terdapat tulisan "Christ is Coming" (Yesus sudah Datang). Berita ini sempat menggemparkan dan diyakini sebagai tanda akan hari akhir dunia. Namun belakangan diketahui kalau kejadian itu hanya hoax. Pelakunya adalah sang petani sendiri yang membuat tulisan itu menggunakan tinta asam pada setiap telur.

11. BUNUH DIRI MASSSAL DI SEOUL (28 Oktober 1992) 
Lee Rang Jim, pemimpin sekte Dami Mission di Seoul, Korea, pernah meramalkan tanggal 28 Oktober 1992 sebagai hari kiamat. Untuk itu, dia mengajak semua pengikutnya untuk berkumpul dan melakukan bunuh diri massal di hari tersebut. Sedikitmnya 1,500 polisi dikerahkan untuk mengawasi dan membubarkan para pengikut Lee yang berniat melakukan bunuh diri. Walau aksi bunuh diri massal berhasil digagalkan, namun beberapa anggota Lee tetap tewas bunuh diri karena melakukan aksinya beberapa hari sebelum tanggal tersebut.

12. AUM SHINRIKYO 
Sekte Aum Shinrikyo (dikenal pula dengan sebutan Aleph) adalah sekte yang juga organisasi teroris Jepang yang cukup fenomenal di era 90an. Kelompok yang mengaku beranggotakan lebih dari 9,000 anggota di Jepang dan lebih dari 40,000 di seluruh dunia ini meramalkan dunia akan hancur karena perang nuklir yang akan terjadi antara tanggal 30 Oktober - 29 November 2003.

No comments:

Post a Comment